BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Prakerin
Bahwa memiliki kemampuan
profesional dalam melaksanakan pembangunan dan menghadapi tantangan masa depan.
Pelaksanaan PRAKERIN perlu
dikembangkan agar tamatan sekolah menengah kejuruan dapat memperoleh kemampuan profesional
untuk melakukan pekerjaan dalam suatu proses produksi.
PRAKERIN adalah suatu bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematis
dan sinkron progam pendidikan di sekolah menengah kejuruan dengan progam
penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kerja langsung pada pekerjaan
sesungguhnya di suatu institusi/perusahaan untuk memproleh suatu tingkat
keahlian profesional tertentu.
B.
Tujuan
Prakerin
1. Meningkatkan
efesiensi penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan sumber
daya pendidikan yang
ada di dunia kerja.
2. Membekali
siswa-siswi dengan
pengalaman yang
sebenarnya dalam dunia kerja serta meningkatan efisiensi proses pendidikan dan
pelatihan kerja yang berkualitas dan profesional.
3. Untuk
mencari keselarasan ilmu yang telah didapat di sekolah dengan kenyataan yang
ada pada dunia usaha/industry.
4.
Menghasilkan
tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap
5.
yang
menjadi bakat dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan.
6.
Meningkatkan
mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran dunia industri / usaha.
7. Menghasilkan
tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai
dengan tuntutan lapangan kerja.
8. Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari prpses
pendidikan.
C.
Manfaat
Prakerin
1.
Siswa
dapat menerapkan penulisan laporan pelatihan industri dengan bahasa yang baik
dan benar.
2. Siswa
memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat di sekolah dan
menerapkan di dunia kerja.
3. Siswa
mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan progam studi
yang dipilihnya secara lebih mendalam yang terungkap dari laporan yang
disusunnya sendiri.
4.
Moral
yang baik pun di tuntut harus dimiliki oleh setiap siswa setelah melakukan Prakerin
5. Siswa
dituntut untuk harus bisa mengembangkan
keterampilannya walaupun ia
sudah selesai/keluar dari industri tempat ia Prakerin
6.
Memenuhi
persyaratan untuk mengikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir.
D.
Dasar
Pelaksanaan Prakerin
Prakerin merupakan salah satu
kegiatan yang biasa dilakukan khusus bagi siswa sekolah menengah kejuruan
(SMK). Prakerin merupakan dasar untuk meningkatkan pendidikan siswa diluar
sekolah.
Disamping itu, prakerin
dimaksudkan untuk memperkenalkan ketentuan dunia kerja atau industri bagi
siswa, serta memberikan masukan untuk mengembangkan mutu pendidikan Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK). Sehingga siswa memperoleh gambaran pada saat akan
terjun ke dunia kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar