Selasa, 02 Agustus 2016

BAB 1 Pendahuluan Laporan Prakerin


BAB I
PENDAHULUAN

A.         Latar Belakang Prakerin
Bahwa memiliki kemampuan profesional dalam melaksanakan pembangunan dan menghadapi tantangan masa depan.
Pelaksanaan PRAKERIN perlu dikembangkan agar tamatan sekolah menengah kejuruan dapat memperoleh kemampuan profesional untuk melakukan pekerjaan dalam suatu proses produksi.
PRAKERIN adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematis dan sinkron progam pendidikan di sekolah menengah kejuruan dengan progam penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya di suatu institusi/perusahaan untuk memproleh suatu tingkat keahlian profesional tertentu.

B.         Tujuan Prakerin
1.  Meningkatkan efesiensi penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan sumber daya pendidikan yang ada di dunia kerja.
2.    Membekali siswa-siswi dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja serta meningkatan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas dan profesional.
3.    Untuk mencari keselarasan ilmu yang telah didapat di sekolah dengan kenyataan yang ada pada dunia usaha/industry.
4.      Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap
5.      yang menjadi bakat dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan.
6.      Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran dunia industri / usaha.
7.     Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
8.  Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari prpses pendidikan.

C.          Manfaat Prakerin       
1.        Siswa dapat menerapkan penulisan laporan pelatihan industri dengan bahasa yang baik dan benar.
2.   Siswa memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat di sekolah dan menerapkan di dunia kerja.
3.    Siswa mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan progam studi yang dipilihnya secara lebih mendalam yang terungkap dari laporan yang disusunnya sendiri.
4.        Moral yang baik pun di tuntut harus dimiliki oleh setiap siswa  setelah melakukan Prakerin
5.  Siswa dituntut untuk harus bisa mengembangkan  keterampilannya walaupun   ia sudah selesai/keluar dari industri tempat ia Prakerin
6.        Memenuhi persyaratan untuk mengikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir.

D.          Dasar Pelaksanaan Prakerin
Prakerin merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan khusus bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Prakerin merupakan dasar untuk meningkatkan pendidikan siswa diluar sekolah.
Disamping itu, prakerin dimaksudkan untuk memperkenalkan ketentuan dunia kerja atau industri bagi siswa, serta memberikan masukan untuk mengembangkan mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sehingga siswa memperoleh gambaran pada saat akan terjun ke dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar